www.smashyes.com

www.smashyes.com

Selamat Jalan sang Legenda

Sabtu, 12 Januari 2013


PENSIUN: Peter Gade (foto: politiken.dk)
SAYA tak bisa menyembunyikan kecewa. File foto saya dengan Peter Gade di Istora Senayan, Jakarta, pada 2004 tak bisa ditemukan.
 Padahal, saya sangat membutuhkannya ketika mendengar pebulu tangkis Denmar kelahiran 14 Desember 1976 tersebut bakal memutuskan pensiun pada akhir 2012. Foto tersebut tentu akan menjadi kenangan indah bersama atlet yang disebut-sebut sudah masuk dalam legenda olahraga tepok bulu tersebut.
Untung, laga terakhirnya melawan pebulu tangkis Tiongkok Lin Dan di final Copenhagen Masters berakhir manis. Dia mampu mengalahkan peraih emas Olimpiade Beijing dan London tersebut dengan rubber game 20-22, 21-16, 21-14 Falconer Hall, Frederiksber pada 27 Desember waktu setempat.
 Setelah era Sven Pri di era 1970-an dan Morten Frost Hansen di era 1980-an, Denmark mempunyai Peter Gade di era 1990-an dan 2000-an. Kehadirannya membuat Negeri Skandinavia tersebut tetap disegani di jagad bulu tangkis internasional.
 Pada 1994, Peter Gade mencatatkan dirinya sebagai juara dunia junior. Bahkan, turnamen bergengi All England pernah disabetnya pada 1999. Selain itu, Peter Gade membuat Eropa masih punya jago di nomor tunggal putra di tengah dominasinya wakil Asia seperti Lin Dan, Lee Chong Wei (Malaysia), dan Taufik Hidayat (Indonesia).
 Sayang, selama kiprahnya, Peter Gade gagal mempersembahkan juara bagi negaranya di ajang Piala Thomas. Prestasi terbaik Denmark di bawah pimpinan Peter Gade terjadi pada Piala Thomas 2012 dengan sukses meraih perunggu. Setahun sebelumnya,  dia juga mampu mengantarkan negaranya ke final Piala Sudirman yang dilaksanakan di Qingdao (Tiongkok).
 Sementara di nomor perorangan, dia lima kali menjadi juara tunggal putra Eropa yakni pada 1998 di Sofia (Bulgaria), 2000 di Glasgow (Skotlandia), 2004 di Jenewa (Swiss), 2006 di Den Bosch (Belanda), serta terakhir 2010 di Manchester (Inggris). Begitu juga di nomor beregu di Benua Eropa, Peter Gade cukup bersinar.
 Setelah pensiun, Peter Gade bakal terjun sebagai pelatih. Harapannya, Denmark tetap mampu menjadi salah satu kekuatan bulu tangkis dunia. Selamat jalan Peter Gade, Selamat jalan sang Legenda. (*)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DOWNLOAD MAJALAH DIGITAL

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. smashyes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger