www.smashyes.com

www.smashyes.com

Unang Sukardja, Wasit Tiga Olimpiade

Selasa, 05 Februari 2013

YANG PERTAMA: Unang Sukardja (foto: sidiq)
RAMBUTNYA sudah memutih. Wajar karena usianya sudah 55 tahun. Tapi, itu tak membuat kecintaannya kepada bulu tangkis luntur. Begitu juga dengan wibawanya di pentas internasional.
 Dia adalah Unang Sukardja. Lelaki ini merupakan wasit bulu tangkis berlisensi BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) yang dimiliki Indonesia.
 ‘’Saya sudah tiga olimpiade memimpin pertandingan bulu tangkis,’’ kata Unang di sela-sela pertandingan Superliga Badminton Indonesia (SBI) 2013 di DBL Arena, Surabaya.
 Pesta olahraga bangsa-bangsa di dunia itu dihadirinya pada 2000, 2004, dan 2012. Bahkan, pada 2004 di Athena dan 2012 di London, dia dipercaya memimpin laga final.
Pada 2008, lelaki asal Tangerang Selatan (Tangsel) tersebut terpaksa absen.
 ‘’Saya tidak dapat undangan dari IBF (sekarang BWF). Ada rekan dari Indonesia lainnya yang bertugas,’’ terangnya.
 Pada 2004, Unang memimpin pertandingan sesama pasangan Tiongkok Zhang Jiewen/Yang Wei melawan Huang Shui/Gao Ling. Partai yang diingat Unang berlangsung selama 70 menit tersebut dimenangkan Zhang Jiewen/Yang Wei 7-15, 15-4, 15-8.
 Untuk Olimpiade London 2012, Unang dipercaya kembali memimpin partai bergengsi tunggal putra yang mempertemukan Lin Dan asal Tiongkok melawan musuh abadinya asal Malaysia Lee Chong Wei. Duel ulangan Olimpiade Beijing 2008 itu kembali dimenangkan Super Dan, julukan Lin Dan, dengan rubber game 15-21, 21-10, 21-19.
 “Saya masih jadi orang Indonesia satu-satunya yang memimpin pertandingan final tunggal putra olimpiade. Sungguh terhormat saya bisa dapat kepercayaan yang sangat besar tersebut,’’ ujar Unang.
 Dia mengaku mendapat tugas memimpin laga tersebut sehari sebelum pertandingan final yang dilaksanakan di Wembley Arena, London, itu. Sebelumnya, Unang juga memimpin partai semifinal ganda putra antara pasangan Denmarj Mathias Boe/Carsten Mogensen versus Lee Yong-dae/Jung Jae-sung (Korsel).
  Selain memimpin di tiga olimpiade, Unang juga pernah bertugas di putaran final Piala Thomas 2008 yang dilaksanakan di Jakarta.   Kini, Unang juga masuk dalam jajaran pengurus PB PBSI di bidang perwasitan. (*)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DOWNLOAD MAJALAH DIGITAL

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. smashyes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger