www.smashyes.com

www.smashyes.com

Lebih Enak Ketemu Tiongkok di Awal

Kamis, 28 Maret 2013

GEMBIRA UNDIAN: Rashid Sidek (foto: sidiq)
TIONGKOK harus diakui sebagai kekuatan terbaik bulu tangkis di dunia saat ini. Bukan hanya di turnamen perorangan, di beregu pun juga.
 Buktinya, tiga piala lambang supremasi bulu tangkis dunia saat ini berada di negeri terpadat penduduknya di dunia tersebut. Piala Thomas (lambang supremasi beregu putra), Piala Uber (beregu putri), dan Piala Sudirman (beregu campuran) susah digoyang negeri lain.
 Kini, paling dekat, para rival coba merebut Piala Sudirman pada ajang yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-26 Mei mendatang. Tapi, sejak 1995, dominasi Tiongkok  begitu mengakar. Hanya Korea Selatan (Korsel) yang mampu mencuri Piala Sudirman saat event tersebut dilaksanakan di Eindhoven, Belanda, pada 2003.
 Indonesia pun selalu tak berdaya jika bersua Tiongkok. Kini, pada Piala Sudirman 2013, Indonesia kembali menjajal ketangguhan Negeri Panda, julukan Tiongkok, pada babak penyisihan grup A level I.
 ‘’Memang berat menghadapi Tiongkok. Tapi, sebenarnya ada untungnya bertemu Tiongkok pada babak penyisihan,’’ kata Ketua Dewan Penasihat PB PBSI Yacob Rusdianto setelah mendengar undian (drawing) Piala Sudirman 2013 yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia.
 Maksudnya? ‘’Kalau bertemu pada babak berikutnya dan memakai sistem gugur tentu akan lebih tidak enak. Siapa pun tahu kekuatan Tiongkok merata di semua nomor,’’ tamnah Yacob.
 Dia pun masih optimistis Indonesia bisa melaju minimal hingga semifinal, Meski, tak menutup kemungkinan Tontowi Ahmad dkk masih bisa melaju hingga babak final.
 ‘’Selain Tiongkok, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan Denmark juga sudah merata kekuatannya,’’ tambah Yacob.
 Sementara itu, Malaysia gembira dengan undian Piala Sudirman 2013. Tuan rumah berada satu grup dengan Jerman dan Taiwan. Dua lawan yang di atas kertas masih bisa diatasi Lee Chong Wei dkk.
Apalagi, Malaysia sudah pasang target mampu menembus babak perempat final dalam kejuaraan yang dilaksanakan di Putra Indoor Stadium itu.
 “Undian ini sangat bagus bagi Malaysia. Kami pun sudah bisa menatap babal perempat final,’’ kata pelatih kepala tunggal putra Malaysia Rashid Sidek seperti dikutip situs BWF.
 Sedangkan pelatih kepala Tiongkok Li Yongbo dengan angkuhnya tak mempermasalahkan undian. Baginya, yang penting Lin Dan dkk sudah siap mempertahankan gelar. (*)

Level I:
Grup A: Tiongkok, Indonesia, India.
Grup B: Thailand, Korea Selatan, Hongkong.
Grup C: Malaysia, Jerman, Taiwan.
Grup D: Denmark, Jepang, Singapura.
Level II:
Grup 2A: Rusia, Amerika Serikat, Swedia, Skotlandia.
Grup 2B: Belanda, Prancis, Kanada, Austria.
Level 3:
Grup 3A: Ukraina, Selandia Baru, Turki, Sri Lanka.
Grup 3B : Swiss, Vietnam, Australia, Lituania.
Level 4:
Grup 4: Afrika Selatan, Filipina, Kazakstan.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DOWNLOAD MAJALAH DIGITAL

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. smashyes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger