www.smashyes.com

www.smashyes.com

Tiongkok Bisa Ulangi Sukses Era Lin Dan

Minggu, 05 Juli 2015

Di masa junior Lin Dan pernah membawa Tiongkok pesta gelar
TIONGKOK tampil perkasa dalam Kejuaraan Junior Asia 2015. Negeri Panda, julukan Tiongkok, tersebut mampu meloloskan wakilnya dalam semua nomor.

Bahkan, dua gelar dari nomor ganda putri dan ganda putra, sudah pasti di tangan. Ini disebabkan terjadinya final sesama wakil Tiongkok (all Tiongkok finals).

Di ganda putri Chen Qingchen/Jia Yi Fan yang diunggulkan di posisi ketiga akan berhadapan dengan kompatriot (rekan satu negara) Du Yue/Li Yin Hui (Tiongkok). Sedangkan di ganda putra,  pasangan nonunggulan Han Chengkai/Zhou Haodongn menantang unggulan kedua He Jiting/Zheng Si Wei.

Sejak digelar 1997, Negeri Tembok Rakasasa, julukan Tiongkok lainnya, hanya sekali sapu bersih yakni pada 2000. Selain memenangi lima nomor perorangan, negeri beribu kota Beijing tersebut juga menyabet posisi terhormat di nomor beregu putra dan putri.

Saat itu, Kejuaraan Junior Asia masih memakai sistem beregu putra dan putri layaknya Piala Thomas-Uber. Namun, sejak 2006, sistem diubah ke Piala Sudirman dengan menggelar lima nomor di kelompok beregu yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Pada 2000, Tiongkok mengandalkan Lin Dan yang akhirnya menjadi legenda olahraga tepok bulu dunia dengan koleksi lima gelar juara dunia dan dua emas olimpiade (Beijing 2008 dan London 2012). Sampai kini, Super Dan, julukan Lin Dan, masih aktif bermain.

Tahun lalu, sukses itu nyaring terulang. Usai meraih gelar beregu dengan mengandaskan Korea Selatan di beregu, Tiongkok kehilangan satu posisi terhormat di nomor tunggal putri yang jatuh ke wakil Jepang Akana Yamaguchi.

Namun, mereka juga pernah gagal total pada 2012. Saat itu, tak ada satu pun wakil Tiongkok yang menjuarai nomor perorangan.Gelar beregu pun disabet Jepang. (*)







Agenda final Kejuaraan Junior Asia 2015
Tunggal putri: He Bing Jiao (x1) v Chocuwong Pornpawee (Thailand x8)

Ganda campuran: Zheng Si Wei/Chen Qingchen (Tiongkok x1)  v Choi Jong-woo/Kim Hye-jeong (Korea Selatan)

Tunggal putra: Lin Guipu (Tiongkok x6) v Seo Seung-jae (Korea Selatan x4)

Ganda putri: Chen Qingchen/Jia Yi Fan (Tiongkok x3) v Du Yue/Li Yin Hui (Tiongkok)

Ganda putra: Han Chengkai/Zhou Haodongn (Tiongkok) v He Jiting/Zheng Si Wei (Tiongkok x2)

x=unggulan
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

DOWNLOAD MAJALAH DIGITAL

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. smashyes - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger